Sabtu, 07 Juni 2014

Merubah Satuan Waktu, Berat atau Jarak

Konversi data di excel
Dalam microsoft excel untuk mencari nilai tertentu dari suatu satuan atau merubah satuan, bukanlah suatu yang sulit dilakukan - dengan bantuan formula CONVERT, meng konversi satuan tertentu ke yang lainnya akan sangat cepat terselesaikan.

Sebagai gambaran, saya akan beri contoh kasus seperti berikut; 1 jam sama dengan 60 menit, 1 hari sama dengan 24 jam, dan seterusnya… hal ini mungkin sudah berada diluar kepala ketika ada sesorang bertanya akan hal itu. Namun apakah anda bisa menjawab dengan cepat pertanyaan berikut

Ada berapa detik dalam 7 hari atau satu minggu???

Jika harus menghitung secara manual artinya, dengan mengurut dari yang paling bawah misalnya dalam 1 menit ada 60 detik, berarti dalam 1 jam adalah 60 x 60 maka hasilnya adalah 3600 detik, dan seterusnya sampai menemukan jawaban atas pertanyaan di atas… masalahnya berapa banyak waktu yang anda butuhkan menjawabnya.

Tentunya dalam excel hal ini cukup sederhana sekali jika kita menggunakan formula yang tepat untuk menjawab soal di atas.

Formula CONVERT

Formula ini memberikan kita kemampuan untuk merubah nilai dari satu satuan ke satuan lainnya, dengan kata lain formula ini dapat kita gunakan sebagai ‘penerjemah’ seperti contoh kasus di atas.
Aturan Umum Penulisan Formula

=convert(number;from_unit;to_unit)

number : Angka atau bisa juga diisi dengan referensi sel
from_unit : satuan awal yang akan di convert
to_unit : hasil yang diinginkan

formula ini 'hanya' menerima penulisan teks dalam tanda petik dari unit atau satuan yang sudah ditetapkan oleh microsoft excel
Beberapa unit satuan dalam fungsi Convert
Satuan Berat
Gram "gr"
Pound "lbm"
Satuan Waktu
Tahun "yr"
Hari "day"
Jam "hr"
Menit "mn"
Detik "sec"
Satuan Jarak
Meter "m"
Inch "in"
Kaki "ft"
Contoh penerapan fungsi Convert
Sorot sel yang anda ingin munculkan hasil dari convert kemudian tuliskan rumusnya, sebagai contoh untuk mencari jawaban dari pertanyaan diatas maka cara penulisannya adalah :
=convert(7;"day";"sec")
atau jika data awal yang ingin anda convert semisal terdapat dalam sel A1, maka penulisan rumusnya adalah :
=convert(A1;"day";"sec")

Tidak ada komentar:

Posting Komentar