Sabtu, 07 Juni 2014

Mengkonversi Data Kolom ke Tabel

Banyak pengguna excel sering menghadapi beberapa persoalan mengenai hal konversi atau merubah kolom tunggal menjadi tabel yang terdiri dari baris dan kolom. Untuk melakukan perubahan data seperti ini bisa dilakukan dengan sebuah formula ‘sederhana’ yang sudah disediakan oleh Excel.

Sebagai contoh, kita memiliki sebuah kolom tunggal yang terdiri dari 6 data antara lain : No, Nomor Induk, Nama, Jenis Kelamin, Alamat, dan Nomor Telepon. Dan kita ingin membuat tabel yang terdiri atas kolom dan baris seperti yang terlihat dalam gambar berikut :


 
Dari data yang terlihat dari ilustrasi di atas, untuk dapat merubah data yang terdapat dalam sebuah kolom (gambar sebelh kiri) menjadi sebuah tabel yang terdiri atas kolom dan tabel (gambar sebelah kanan) dapat kita tuliskan sebuah formula di sel D3 seperti berikut :
=OFFSET($B$3;(6*(ROW()-ROW(D$3)))+(COLUMN()-COLUMN($D3));0;1;1)
langkah berikutnya adalah tinggal meng-copy (drag) ke sel atau range yang diinginkan
Dari formula di atas bisa anda lakukan sedikit perubahan sesuai dengan keadaan data yang anda miliki
angka 6 (berwarna merah) merupakan jumlah data dalam sebuah kolom tunggal
Untuk menghilangkan angka nol (0) dari hasil konversi ini, bisa diketikkan tambahan formula IF - sehingga menjadi seperti berikut : 
 
 =IF(OFFSET($B$3;(6*(ROW()-ROW(D$3)))+(COLUMN()-COLUMN($D3));0;1;1)=0;"";OFFSET($B$3;(6*(ROW()-ROW(D$3)))+(COLUMN()-COLUMN($D5));0;1;1))
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar