Jumat, 09 Mei 2014

Cara Setting Google Webmaster Di Blog



Cara Setting Google Webmaster Di Blog
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaRN5AOPMtBX6j2B3VfxXRDHr_Raw7z5uvNPIsN1wlTLqyZGOEZyMpjzr9zWpmZbZ72gOtMVFX0ehBKVtT04NDi0zTLC-TlsXAD20HL77g_U-QoAvijMEvI57K6N6faEpMOYgaUAigKKk/s1600/Setting+Google+Webmaster+Tools.jpg
Agar situs web atau blog kita dapat terindeks oleh google dan muncul dihalaman mesin pencarian google, salah satu usaha yang harus dilakukan yaitu dengan mendaftarkan situs web atau blog kita di situs webmaster milik google, dimana dalam webmaster google tersebut membutuhkan beberapa pengaturan penting sehingga situs web atau blog kita nantinya dapat di indeks oleh search engine google secara maksimal. Dasar teknik SEO yang perlu diketahui yaitu harus mengetahui cara bagaimana melakukan settingan yang tepat dibeberapa webmaster search engine terbesar yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet diseluruh dunia yang salah satu diantaranya yaitu google.

Di indonesia sendiri saat ini tercatat sebanyak 80% lebih pengguna internet yang menggunakan jasa situs mesin pencarian google untuk mencari informasi yang berasal dari situs-situs di seluruh dunia sesuai dengan informasi atau kata kunci yang dimasukan dalam kotak pencarian search engin google. Hal ini merupakan angka yang cukup besar yang tentunya dapat dijadikan sebagai peluang untuk mengoptimalkan kekuatan situs web atau blog dimata google agar disukai oleh algoritma google sehingga bisa muncul dihalaman depan situs mesin pencarian milik google.

Adapun beberapa cara yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan situs web atau blog milik kita di situs google webmaster diantaranya yaitu sebagai berikut.

Langkah 1

Terlebih dahulu yang harus anda lakukan yaitu mendaftarkan situs web atau blog anda di google webmaster, silahkan daftar disini : Google Webmaster.

Langkah 2

Setelah mendaftar di google webmaster anda harus melakukan verifikasi atas kepemilikan situs, ini bertujuan agar google webmaster dapat memastikan bahwa yang mendaftarkan situs web atau blog yang baru saja mendaftar kepada mereka benar-benar dilakukan oleh anda dan bukan orang lain. Dan anda benar-benar memiliki hak penuh terhadap akses disitus tersebut. Bila anda masih merasa bingung bagaimana cara untuk memverifikasi situs web atau blog anda di google webmaster, silahkan baca disini : Cara Verifikasi Google Webmaster Di Blog.

Langkah 3

Setelah akun google webmaster anda telah terverifikasi dengan benar, maka langkah selanjutnya yang akan kita lakukan yaitu melakukan pengaturan terhadap menu-menu yang ada pada google webmaster caranya yaitu silahkan terlebih dahulu masuk ke dasbor google webmaster situs web atau blog kita lalu pilih situs web atau blog yang ingin dilakukan pengoptimalan settingan agar dapat terindeks oleh google secara maksimal.

Langkah 4

Setelah melihat menu-menu yang ada pada google webmaster, silahkan anda klik menu " Kesehatan " lalu pilih " Url Yang Dicekal " sehingga akan muncul halaman untuk pengaturan file roobot txt, dimana file robot txt ini merupakan perintah yang ingin kita informasikan kepada algoritma google bahwa didalam situs web atau blog kita halaman mana-mana saja yang boleh dirayapi dan begitu sebaliknya. Pada kotak " Konten http://www.nama_domain_anda.com/robot.txt - edit untuk menguji perubahan " silahkan anda masukan perintah berikut :

User-agent: Mediapartners-Google

Disallow:

User-agent: *

Disallow:


Sitemap: http://nama_domain_anda.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Klik test untuk melakukan pengujian perintah yang anda masukan tadi. selesai

Langkah 5

Masih pada menu " Kesehatan " lalu anda klik " Ambil Sebagai Google " sehingga akan muncul halaman pengambilan url yang akan disimpan di database google dan nantinya akan menjadi data yang akan ditampilkan dihalaman mesin pencarian sesuai dengan kata kunci yang terkandung didalam situs web atau blog kita yang akan disesuaikan dengan kata kunci yang dimasukan dikotak pencarian situs mesin pencarian google. Pada langkah ini silahkan anda masukan semua link konten halaman situs web atau blog anda satu persatu secara bergantian. Dengan begitu nantinya semua halaman yang ada disitus web atau blog anda dapat di simpan lalu ditampilkan dihalaman mesin pencarian google. Cara memasukan link konten situs web atau blog kita bisa dilakukan yaitu dengan cara hanya memasukan sebagian linknya saja, contohnya pada postingan ini memiliki link http://www.blogbaca.com/2013/04/cara-setting-google-webmaster-di-blog.html maka yang harus kita masukan yaitu hanya 2013/04/cara-setting-google-webmaster-di-blog.html lalu klik ambil, setelah itu klik kirim ke indeks dan begitu seterusnya. selesai

Langkah 6

Langkah selanjutnya yaitu membuat settingan peta situs di google webmaster yaitu dilakukan dengan cara sebagai berikut. Klik pada menu " Pengoptimalan " lalu pilih " Peta Situs " sehingga akan muncul halaman pengoptimalan peta situs, dimana peta situs ini dibutuhkan sebagai batas jumlah konten yang ingin dirayapi oleh algoritma google. Untuk membuat peta situs di google webmaster, silahkan anda klik " Tambahkan/Uji Peta Situs " sehingga akan muncul sebuah jendela kecil, lalu masukan perintah berikut. /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100 lalu klik " Mengirim Peta Situs " untuk mengirim permintaan pengindeksan terhadap halaman-halaman yang ada pada situs web atau blog kita.
Catatan : Angka 100 tersebut merupakan batas jumlah konten yang ingin anda kirimkan ke google untuk di indeks, sehingga apa bila nanti jumlah konten blog anda sudah mencapai lebih dari 100, maka angka 100 tersebut bisa anda ubah menjadi 500 sehingga menjadi seperti ini. /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dan begitu seterusnya. Selesai.

Tutup situs google webmaster tersebut, lalu tinggal menunggu beberapa hari, agar situs web atau blog baru benar-benar ter-indeks oleh google setelah dilakukan pemantauan oleh team google terhadap situs web atau blog anda. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menunggu hasil dari pemantauan mereka pun bervariasi berdasarkan jumlah situs yang juga sedang mengoptimalkan situs mereka di google webmaster. Sehingga semua itu akan diproses berdasarkan nomor urutan yang masuk pada sistem milik google. Sampai pada langkah ini kami anggap cara setting google webmaster di blog telah selesai dan kami yakin apabila anda melakukan pengaturan google webmaster ini dengan benar sesuai dengan yang sudah kami tuliskan pada postingan kali ini, kami yakin situs anda pasti akan muncul dan dapat di indeks oleh mesin pencarian google. Semoga bermanfaat, terima kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar