Selasa, 10 Juni 2014

Subtitle Edit & Tutorial Penggunaannya



Agan2 yang hobinya nge download film & ingin membuat/menejemahkan subtitle pasti sudah pada tahu apa & bagaimana kegunaan dari Subtitle Edit tersebut. Bagi yang belum tahu akan saya jelaskan sedikit sepengetahuan saya mengenai penggunaan dari Subtitle Edit tersebut. Subtitle Edit adalah software yg fungsi/kegunaannya untuk membuat/mengedit subtitle. Selain untuk membuat/mengedit subtitle, masih banyak lagi fungsi/kegunaan dari Subtitle Edit tersebut. Oke, langsung saja saya buatkan sedikit tutorial dari penggunaannya di bawah ini, dan sebelumnya download dan install dulu software Subtilte Edit di PC/Laptop agan2. Untuk download sudah saya sediakan pada link yg di tujukan langsung ke website aslinya di bawah ini:

DOWNLOAD SUBTITLE EDIT

Tutorial Penggunaan Subtitle Edit

Ada banyak fungsi/kegunaan dari Subtitle Edit, namun di sini saya hanya akan membahas beberapa saja dari sepengetahuan saya mengenai Subtitle Edit tersebut.

1. Untuk Men_Translate_kan Bahasa Secara Otomatis (Google Translate) Langkah-langkahnya sbb:

  • Buka program software Subtile Edit



  • Open File Subtitle seperti pada gambar di bawah atau bisa juga menggunakan cara cepat dengan menekan tombol “Ctrl+O”




  • Klik Auto-tanslate, lalu Translate (powered by google)… atau cara cepat dengan menekan “Ctrl+Shift+G”



  • Pilih ke bahasa yg ingin di translate_kan, lalu tekan translate & secara otomatis akan di translate_kan ke bahasa yg agan2 inginkan, & setelah selesai tekan OK.





  • Save hasil translate_nya. Selesai.

2. Untuk Sync/Mengatur Timing Langkah-langkahnya:
  • Klik pada Synchronization, lalu Adjust all times (show earlier/later)… atau cara cepat dengan menekan “Ctrl+Shift+A”





  • Contreng/tandai “All lines” jika ingin sync/mengatur keseluruhan timingnya & “Selected lines only” jika ingin sync/mengatur satu persatu atau beberapa line-nya saja.



  • Atur waktu sesuai dengan yg agan2 inginkan, lalu tekan “Show earlier” untuk mempercepat/memajukan waktu timingnya & “Show later” untuk memperlambat/memundurkan waktu timingnya.
  • Save hasil sync/mengatur timingnya. Selesai.

Terima kasih telah membaca artikel  Subtitle Edit & Tutorial Penggunaannya semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar