Minggu, 08 Juni 2014

Memaksa Menyimpan Sebuah File Excel Ketika Ditutup

Sebuah dokumen yang sudah mengalami perubahan meskipun hanya sedikit pastinya ketika kita akan menutupnya - baik dokumen itu sendiri maupun aplikasinya akan menampilkan sebuah pesan bahwa ada perubahan yang terjadi pada sebuah dokumen, kemudian dalam pesan tersebut meminta kita untuk menyimpan dokumen (Yes) atau tidak (No) atau bahkan membatalkan perintah ini (Cancel).

Namun, ada kalanya pengguna Excel menginginkan sebuah perintah untuk 'memaksa' sebuah dokumen untuk di simpan ketika ditutup, entah dokumen tersebut mengalami perubahan atau tidak.

Untuk 'memaksanya' maka diperlukan sebuah kode VBA
Langkah-langkahnya
  1. Buka dokumen excel atau buat dokumen baru
  2. Aktifkan jendela Microsoft Visual Basic (lihat disini untuk lebih detailnya)
  3. Paste kode berikut pada bagian ThisWorkbook
  4. Private Sub Workbook_BeforeClose(Cancel As Boolean)
    Application.DisplayAlerts = False
    ThisWorkbook.Close savechanges:=True
    End Sub
  5. simpan dokumen tersebut dengan type Excel Macro-Enable Workbook
Jika anda mengingikan untuk 'memaksa' sebuah dokumen untuk tidak menyimpan semua perubahan yang terjadi ketika dokumen ditutup, maka ganti kodenya seperti berikut : 
 
Private Sub Workbook_BeforeClose(Cancel As Boolean)
Application.DisplayAlerts = False
ThisWorkbook.Close savechanges:=False
End Sub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar