Minggu, 08 Juni 2014

Format Mata Uang Otomatis di TextBox

Simbol Mata Uang
Terkadang dalam sebuah userform terdapat sebuah kotak (TextBox) yang diharuskan pengguna untuk memasukkan sebuah data dengan format mata uang, yang pada umumnya format penulisannya dimulai dengan simbol mata uang kemudian terdapat tanda pemisah ribuan pada angka-angka tersebut. Jika pengguna harus memasukkan data tersebut secara manual, artinya harus menuliskan simbol mata uang - yang kemudian diikuti dengan jumlah nominal disertai dengan tanda pemisah ribuan, pastinya akan membutuhkan sedikit waktu saat mengentrinya.

Solusi yang tepat untuk kasus seperti ini adalah dengan menambahkan sebuah kode yang cukup sederhana agar pengguna dapat dengan cepat mengentri sebuah angka atau nominal tanpa harus dipusingkan menulis simbol serta pemisah ribuan.

Sebagai latihan, buatlah sebuah UserForm dengan TextBox (dengan nama TextBox1) yang terdapat didalamnya, sehingga akan tampak kurang lebih seperti berikut ini.

Desain TextBox

Klik 2x TextBox1 untuk langsung menuju ke jendela kode VBE. kemudian masukkan kode berikut
TextBox1 = Format(TextBox1, "Rp #,###")
Cukup sederhana bukan....

Dengan kode di atas, ketika pengguna memasukkan sebuah angka-angka dalam kotak (TextBox1) maka sebuah simbol mata uang beserta pemisah ribuan akan tampil secara otomatis. Akan tetapi jika pengguna memasukkan data berupa Teks atau gabungan antara angka dan teks, maka simbol serta pemisah ribuan tidak akan muncul.

Jika system komputer Anda menggunakan bahasa selain Indonesia, maka gunakan tanda titik (.) dalam format kode di atas - sehingga penulisannya menjadi seperti "Rp #.###"
Lihat tutorial ini untuk memahami perbedaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar