Jumat, 30 Mei 2014

Cara Download Subtitle Dari Youtube



Semangat pagi sahabat Prodes, kali ini Prodes ingin berbagi cara mengunduh subtitle dari Youtube. Untuk sahabat yang suka mengunduh film asing melalui Youtube, pasti kurang Afdhol kalau belum mengunduh subtitle nya kan?
Sayangnya, kita belum memungkinkan kita untuk mengunduh subtitle dari Youtube secara langsung. Kalaupun sudah berhasil diunduh, sering bermasalah ketika dijalankan melalui media player. Untungnya kini sudah ada aplikasi yang memungkinkan sahabat mengunduh subtitle dari Youtube, tentunya dari video yang ada subtitle nya di Youtube lho ya :)
Yuk simak cara-caranya :
  1. Pastika sistem sahabat terinstal Java version 1.5 atau lebih tinggi. Jika belum ada, silahkan unduh dari sini.
  2. Untuk aplikasi Google2SRT disini. Google2SRT adalah alat yang dapat men-download subtitle yang tidak di embed (atau bahasa kerennya : Closed Captions - CC) video dari YouTube / Google Video (jika tersedia) dan mengkonversikannya ke format standar (SubRip - SRT) yang didukung oleh sebagian besar video player.
  3. Jika sudah berhasil diunduh, silahkan di extract menggunakan Winrar, Winzip, atau aplikasi sejenis
  4. Setelah berhasil di extract, klik pada run.bat atau Google2SRT.jar (untuk sistem operasi Windows) atau run.sh (untuk sistem operasi Linux). Jika berhasil, akan terbuka aplikasi Google2SRT
  5.  Masukkan url video sahabat di Google Subtitles dan tekan pada tombol Read
  6. Pilih lokasi outputnya dan berikan nama [judul srt].srt
  7. Tekan tombol Go
  8. Rubah judul file srt sahabat sama dengan judul film. Misalkan judul film sahabat “Kung Fu Panda Mama Told Me not to Kung Fu .mp4”, berarti judul srt sahabat “Kung Fu Panda Mama Told Me not to Kung Fu .srt”
  9. Selesai
Nah, itulah langkah-langkah mengunduh subtitle dari Youtube, mudah bukan? Jika sahabat ingin mengunduh subtitle dari film yang lain, silahkan mengikuti langkah 4 sd 9 lagi ya..
Demikian ya sahabat, mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar