Sabtu, 03 Mei 2014

Fungsi Alternator Pada Mobil dan Mesin Umum


Fungsi Alternator, Pada Mobil dan Mesin Umum
Fungsi alternator adalah untuk mengubah atau mengkonversi energi mekanik menjadi energi listrik yang diubah menjadi bentuk arus bolak balik. Sebenarnya selain fungsi utama ini ada beberapa fungsi lain dari alternator yang mungkin dapat menunjang agar peralatan listrik dapat bekerja secara sempurna. Alternator saat ini telah digunakan di berbagai peralatan listrik, mesin, ataupun otomotif seperti sepeda motor.

Penggunaan alternator ini terkadang banyak dikaitkan dengan penggunaan inverter listrik, namun alternator memiliki 3 fungsi utama. Peralatan dan mesin yang menggunakan alternator untuk mendukung 3 proses ini untuk menjadikan kerja perangkat lainnya lebih berfungsi dan sempurna.
Fungsi Alternator

Fungsi alternator ada 3 bagian utama yaitu :

  • Untuk Mengisi Ulang Baterai 

Fungsi utama alternator adalah untuk menghasilkan listrik yang digunakan untuk mengisi ulang baterai yang ada di berbagai peralatan mesin dan elektronik atau otomotif.

  • Mengkonversi Energi Mekanik ke Energi Listrik 

Seperti yang telah dituliskan pada awal artikel ini, salah satu fungsi alternator adalah untuk mengubah atau mengkonversi energi mekanik menjadi energi listrik. Bensin ditarik dari tangki gas ke piston di poros engkol, dimana pembakaran terjadi. Poros engkol mentransmisikan energi dari pembakaran ke sabuk serpentine, yang terhubung ke alternator. Katrol pada alternator berputar, menghasilkan listrik dengan menyalakan magnet dan kawat tembaga coil, yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Fungsi kedua ini hampir menyerupai cara kerja berbagai jenis turbin yang menghasilkan energi listrik.

  • Energi Tambahan/Aksesoris 

Perlu diketahui ada beberapa peralatan listrik yang mungkin tidak membutuhkan alternator dan hanya menggunakan baterai. Namun perlu diketahui juga bahwa hampir seluruh komponen listrik dan mesin membutuhkan alternator. Komponen listrik mobil Anda dilengkapi kipas pendingin mesin, komponen sistem injeksi bahan bakar, radio, power steering, power window, lampu dan wiper. Alternator akan membantu mengerakkan sistem ini dan meminimalkan fungsi baterai

Fungsi Alternator Mobil

Fungsi alternator mobil dan peralatan otomotif lainnya cukup besar dan sangat penting. Sebuah aki mobil standar tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan mobil sendiri untuk waktu yang lama. Tanpa alternator yang berfungsi dengan baik, baterai di mobil tersebut mungkin hanya dapat menyala sekitar 20-0 menit. Alternator mengisi baterai saat mobil sedang digunakan, memastikan bahwa baterai Anda baik untuk jangka waktu yang jauh lebih lama.
Alternator Untuk Mesin

Alternator digunakan di banyak peralatan listrik dan menjadi salah satu komponen utama untuk berbagai jenis mesin. Kebanyakan jenis genset dan mesin diesel atau sejenisnya membutuhkan alternator untuk membantu memaksimalkan kinerja dan power dari mesin tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar