Sabtu, 03 Mei 2014

Jenis Jenis Kabel Listrik dan Jaringan Serta Kegunaanya


Jenis Jenis Kabel Listrik dan Jaringan Serta Kegunaanya

Jenis jenis kabel listrik di rumah dan kabel jaringan komputer ada berbagai macam, kabel listrik sendiri dapat terdiri dari 7 jenis yang berbeda. Jenis kabel jaringan setidaknya ada 3 jenis yang paling populer digunakan untuk jaringan komputer seperti Koaksial dan Twisted Pair serta Fiber Optik. Bagaimana karakteristik kabel yang sering kita temukan di pasaran ini ? baik untuk jenis listrik dan untuk jaringan komputer?

Jenis Kabel Listrik

Jenis kabel Listrik adalah kabel kabel yang biasa kita jumpai di sekeliling rumah kita dan berfungsi menyalurkan media berupa energi listrik melalui konduktornya. Dalam sebuah kabel listrik terdiri dari Isolator (pembungkus kabel) dan Konduktor (tembaga) penjelasannya Isolator adalah bahan pembungkus kabel yang biasanya terbuat dari PE dan PVC (elastis), sedangkan Konduktor terbuat dari tembaga dan aluminium sebagai penghantar listriknya.

Berikut adalah jenis jenis kabel listrik yang sering dipergunakan atau yang paling sering kita temukan di pasaran.
Kabel NYA : Kabel jenis ini sering kita jumpai di rumah rumah biasanya berada di bawah bawah lantai untuk mengalirkan sesuatu, Kabel jenis ini hanya memiliki satu lapisan oleh karena itu kabel ini rawan dan tidak tahan oleh air, tikus dan suhu.
Kabel NYM : Kabel jenis ini sering kita lihat melekat pada tembok tembok yang berukuran lebih besar dari pada kabel NYA, biasanya di pasang di dalam / diluar tembok, kabel jenis NYM memiliki 2 lapis perlindungan jadi lebih kuat dan aman.
Kabel NYY : Kabel ini jarang kita lihat dalam instalasinya karena berada di dalam tanah, biasanya sebagai penghantar listrik berdaya tinggi, dan biasanya perusahaan PLN yang memaikai kabel seperti ini NYY memilik lapisan yang lebih kuat dari NYM.
Kabel NYAF : Kabel ini juga jarang kita lihat karena dalam pemasanganya di damping dengan pemasangan pipa biasannya pemasangan kabel NYAF dilakukan oleh Pabrik Pabrik Besar, tapi kelemahan dari NYAF tidak bisa terkena lembab atau basah, karena akan cepat “aus”
Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY : Kabel yang pemasanganya bisa langsung di tanam di dalam tanah tanpa memerlukan plaron atau perlindungan sejenisnya.
Kabel NYCY : Kabel yang pemasanganya di alam terbuka, biasanya dapat kita lihat ditiang tiang listrik sering memakai kabel NYCY, karena dapat bertahan dari serangan cuaca.
Kabel AAA : Kabel jenis ini terbuat dari almunium atau sejenisnya jadi sangat bagus dan efektif untuk menghantarkan listrik, pemasangan kabel AAA dapat kita jumpai di dalam OTOMOTIF.

Kabel diatas adalah kabel yang sering digunakan untuk instalasi di sekitar rumah dan sangat mendukung cara menghemat listrik yang akan anda lakukan. Selanjutnya kita akan membahas jenis kabel jaringan komputer yang paling populer dan diperlukan untuk mendukung berbagai topologi jaringan komputer.
Jenis Kabel Jaringan

Jenis kabel jaringan paling populer yang kita kenal mungkin adalah jenis twisted pari yang maan terdiri dari UTP dan STP, namun di luar hal tersebut masih ada jenis kabel lainnya yang banyak ditemukan di pasaran. Kabel jaringan adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan antara device (alat) yang satu dengan device yang lain, pemakaian kabel jaringan sangat penting karena kondisinya yang stabil bila terjadi cuaca buruk dibandingkan dengan wireless atau hotspot yang sudah berkembang.

Berikut adalah Jenis-Jenis kabel jaringan yang sering kita jumpai untuk mendukung penerapan berbagai jenis jaringan komputer yang ada di dunia.
Koaksial (Coaxial)

Digunakan untuk menyalurkan antara antenna tv ke media tv, kabel jenis ini tidak digunakn untuk jaringan

Twisted Pair

Kabel jenis ini yang sering digunakan untuk membangun jaringan, kabel twisted di bagi menjadi 2 yaitu
UTP (Unshielded Twisted Pair) : Sering digunakan pada jaringan karena pemasanganya yang mudah dan relative murah
STP (Shielded Twisted Pair) : sama halnya UTP tapi pada STP lebih mahal karena lebih Rumit.

Fiber Optic

Kabel ini dibuat dari serat serat kaca yang memiliki kecepatan transfer lebih cepat dibandingkan dengan Coaxial dan Twisted Pair.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar