Sabtu, 03 Mei 2014

Apa itu Teknologi Cloud Computing


Apa itu Teknologi Cloud Computing ?

Apa itu teknologi cloud computing? menjadi bahan pertanyaan yang banyak dicari pada web browser internet. Hal ini berkaitan erat dengan peranan internet dalam kehidupan sehari-hari yang menunjang kebutuhan manusia di segala bidang. Cara kerja internet yang dianggap lebih cepat dalam penyampaian berita telah membawa perubahan peradaban manusia dalam mengakses informasi.

Pada awalnya, internet digunakan layaknya perpustakaan bebas yang menyajikan segudang informasi yang kita butuhkan. Tapi kini tidak hanya sebatas itu, perkembangan internet telah beranjak pada teknologi yang dinamakan, cloud computing.

Cloud Computing

Cloud computing adalah sebuah teknologi yang mengacu pada penggunaan media internet sebagai sumber daya komputasi. Pengertian cloud computing secara teknis adalah banyak server yang salinng terhubung yang digunakan untuk menyediakan sumber daya (source) oleh setiap penggunanya bersama. Sumber daya ini dapat berupa aplikasi (software), penyimpanan (storage), data dan lain lain.

Jargon komputasi awan ini sudah mulai hangat dibicarakan sejak akhir tahun 2007. Cloud computing digunakanuntuk memindahkan setiap layanan yang digunakan sehari-hari menjadi media Internet dan bukan lagi disimpan dalam penyimpanan lokal (komputer). Sebenarnya sebagian dari teknologi ini telah diterapkan sejak lama seperti layanan email, yahoo, plasa, google, hotmail, skydrive, google doc dan office Web app.

Berbagai perangkat yang terhubung ke jaringan cloud computing (komputasi awan) seperti PC, laptop, smartphone dan sebagainya, akan memiliki semua data beserta program pada hosting dan terhubung setiap saat serta dapat digunakan dimanapun selama memiliki koneksi internet. Layaknya mengistal program sendiri di PC, program yang sama dapat diakses sebagai aplikasi layanan web yang dapat diakses melalui web browser.

Layanan teknologi cloud computing ini dapat dibeli pelanggan atau berlangganan layanan sesuai dengan pemakaian data yang butuhkan pada saat itu. Hal ini berarti jika suatu waktu membutuhkan peningkatan penggunaan, paket dapat ditambahkan. Begitu juga jika kebutuhan yang berkurang paket layanannya dapat diturunkan, sehingga dapat mengatur keuangan yang lebih hemat sesuai dengan kebutuhan.
Layanan Cloud Computing

Jenis layanan cloud computing di bagi 3 yaitu :

Software as a Service (SaaS)
Sebuah layanan pada teknologi cloud computing mengenai pemakaian software (perangkat lunak) yang telah disediakan. Contoh: layanan email publik (Gmail, YahooMail, Hotmail, dsb), social network (Facebook, Twitter, dsb) instant messaging (Yahoo Messenger, Skype, GTalk, dsb) dan masih banyak lagi yang lain. Perangkat lunak yang dahulu harus terinstal dalam PC, kemudian baru dapat digunakan (on-premise) mulai dapat di nikmati lewat cloud computing. Contoh:
Microsoft Office yang dibuat bentuk Office 365
Adobe Suite yang bisa digunakan lewat Adobe Creative Cloud, dan masih banyak lagi

Platform as a Service (PaaS)
Teknologi cloud computing dapat menyewakan sistem operasi, network, databbase engine, framework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang kita buat seperti tradisional hosting. Contoh penyedia layanan PaaS ini adalah:
Amazon Web Service
Windows Azure

Infrastructure as a Service (IaaS)
Cloud Computing dapat memberikan layanan infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network dsb). Dapat diartikan sebagian besar unit komputasi seperti (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith dan lain nya dapat di sewa. Contoh penyedia layanan IaaS adalah
Amazon EC2
TelkomCloud
BizNetCloud, dsb

Seiring dengan perkembangan teknologi cloud computing ini, membuatnya hampir digunakan pada negara-negara terkaya dan maju di dunia. Lalu kapan teknologi canggih dan terdepan ini digunakan di Indonesia?? Kita nantikan saja sepak terjangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar