Sabtu, 03 Mei 2014

Pengertian Software Menurut Para Ahli


Pengertian Software Menurut Para Ahli

Pengertian software adalah istilah umum yang terdiri dari suatu program aplikasi yang dikembangkan untuk mengoperasikan komputer atau perangkat lainnya. Pengertian Software menurut ahli mungkin sudah banyak di bahas di berbagai buku atau jurnal ilmiah yang secara formal digunakan untuk kepentingan akademis. Namun mungkin istilah software ini sering mengingatkan seseorang terhadap berbagai aplikasi komputer seperti antivirus, windows, word, excel, dan software terkenal lainnya. Tidak ada yang salah memang namun lebih dari itu, seluruh program aplikasi dapat kita katakan sebagai software.

Jenis Jenis Software

Secara garis besar software dapat di bagi menjadi 2 jenis utama yaitu :

Software Sistem

Software yang didesain untuk membantu perangkat keras seperti komputer atau sejenisnya yang biasanya di desain oleh perusahaan manufaktur perangkat tersebut. Software jenis ini biasanya dibuat dengan bahasa pemrograman komputer dasar atau low-level programming.

Contoh : Sistem Operasi Linux dan Windows

Software Aplikasi

Software yang di buat dan dikembangkan untuk kebutuhan lingkungan kerja atau pengguna tertentu dengan tujuan yang spesifik untuk pengguna.

Contoh : Word, excel, Power Point, dan aplikasi lain seperti Web Browser (IE, Modzila, Chrome)
Pengertian Software

Pengertian software menurut ahli adalah suatu istilah umum yang digunakan untuk suatu kumpulan intruksi dan dan data komputer. Berikut adalah pengertian perangkat lunak menurut ITL Education Solutions Limited dalam buku yang berjudul “Introduction to Computer Science” :

Perangkat lunak atau software adalah istilah umum untuk koleksi data komputer dan instruksi yang terorganisir. Software bertanggung jawab untuk mengendalikan, mengintegrasikan dan mengelola komponen hardware dari sistem komputer untuk menyelesaikan tugas tugas tertentu.

Jadi dapat kita simpulkan bahwa software merupakan bagian terpenting dalam suatu perangkat komputer atau perangkat sejenis lainnya. Tanpa software tidak mungkin peralatan komputer dan perangkat tersebut dapat kita gunakan dengan mudah. Sebagai contoh, kita tidak mungkin dapat mengetik surat atau naskah tanpa menggunakan software seperti words, notepad, atau perangkat lunak sejenisnya. Berbagai jenis perangkat lunak ini dapat dikategorikan menjadi beberapa macam seperti perangkat lunak berbayar dan perangkat lunak free serta open source.
Jenis Jenis Software/Perangkat Lunak

Perangkat lunak atau software dapat dibagi menjadi berbagai jenis sesuai dengan karakteristiknya. Software dari sisi komersial dapat di bagi menjadi 4 macam yaitu software berbayar, opensource software, freeware, dan shareware.
  1. Software Berbayar, merupakan software yang dapat digunakan dengan membayar atau membeli lisensi dari pengembang software tersebut. Contohnya adalah Microsoft Windows, Words, Excel, dan adobe photoshop. 
  2. Opensource Software, merupakan software yang dibuat untuk bebas diotak atik dan di tambahkan fiturnya yang bertujuan untuk merevisi dan belajar bagaimana software tersebut di buat. Contoh paling terkenal untuk software opensource adalah sistem operasi Linux, dan untuk berbasis web seperti WordPress dan Joomla. 
  3. Freeware, merupakan perangkat lunak yang memiliki hak cipta dan dapat digunakan selamanya tanpa ada batasan waktu. Contoh adalah Notepad yang ada di windows. 
  4. Shareware, merupakan perangkat lunak yang disebarluaskan untuk fungsi dan kegunaan tertentu seperti untuk trial dan uji coba yang bertujuan untuk melakukan testing dan pengujian pada software tersebut dan memiliki banyak keterbatasan. Contoh adalah trial antivirus, serta trial IDM. 

Perkembangan rekayasa perangkat lunak memungkinkan setiap perusahaan atau personal mengembangkan software agar lebih menarik dan bermanfaat. Software yang dibuat memiliki banyak manfaat bagi setiap pengguna seperti software untuk membuat video tutorial dan software yang mendukung proses bisnis dan pekerjaan seperti words dan excel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar