Sabtu, 03 Mei 2014

Cara Kerja Internet Singkat dan Lengkap


Cara Kerja Internet Singkat dan Lengkap

Membahas cara kerja internet sebenarnya dapat dilakukan dengan diagram sederhana, namun sebelum membahas detilnya ada baiknya kita membahas apa itu internet. Pengertian internet adalah jaringan di seluruh dunia komputer dihubungkan oleh kabel telepon, link satelit dan sarana lainnya. Secara umum dapat kita simpulkan bahwa semua komputer yang ada di dunia saat mengakses internet dapat kita jadikan menjadi dua kelompok yaitu server dan browser.

Server dalam proses kerja internet

Server yang dimaksud dalam proses cara kerja internet adalah komputer yang dijadikan sebagai penyedia atau tempat menampung sebagian besar informasi. Server merupakan komputer yang secara khusus menyimpan berbagai file data dan informasi serta dapat berbagi dengan server lain yang menjadikan informasi ini dapat diakses dan tersedia oleh masyarakat umum.

Browser dalam proses kerja internet

Browser adalah apa yang digunakan orang untuk mengakses World Wide Web (WWW) dari komputer atau yang sering kita kenal dengan produknya paling populer seperti chrome, modzila, dan internet explorer.

Cara Kerja Internet

Cara kerja internet dimulai ketika Anda menghubungkan komputer Anda ke internet, anda tersambung ke jenis khusus server yang disediakan dan dioperasikan oleh Internet Service Provider (ISP). Tugas ISP ini adalah untuk menyediakan link antara browser dan memberikan akses ke server tujuan. Contoh ISP ini adalah smartfren, flexi, atau telkom, fungsi modem yang anda gunakan akan membantu mengakses ISP ini. Server ISP menangani koneksi internet dari banyak browser dan mungkin ada ribuan orang lain yang terhubung ke server yang sama yang anda gunakan saat ini.

Server ISP menerima permintaan dari browser untuk melihat halaman web, memeriksa email, dan berbagai aktivitas yang anda perintahkan lainnya. Tentu saja setiap server tidak dapat menampung semua informasi dari seluruh internet, sehingga untuk memberikan browser sesuai dengan request yang diminta tentu akan terhubung dengan server lain. Server lain inilah yang kita namakan sebagai host server, atau server yang secara spesifik menampung file atau data yang dibutuhkan.

Host server menyediakan sebuah ‘website’ atau kumpulan file untuk di akses melalui berbagai jenis web browser. Setiap situs web yang ada didunia seperti blogging.co.id, facebook.com, youtube.com memiliki sebuah server host di suatu tempat yang memiliki akses IP public sehingga dapat diakses oleh siapa saja.
Cara Kerja Host dan ISP Internet

Cara kerja internet tidak terlepas dari host dan ISP yang saling bekerja sama dalam menyediakan koneksi dan akses ke web server tempat file diletakkan. Gambar cara kerja internet di bawah ini mungkin dapat memberikan gambaran bagaimana proses dan tahapan koneksi internet antara browser, server ISP dan Host server.



Proses cara kerja internet sampai menampilkan halaman di web browser yang sesuai dengan permintaan dapat di urutkan dengan proses singkat di bawah ini.
  1. Mengetik alamat (URL) ke dalam “Address Bar” atau klik pada hyperlink. 
  2. Browser Anda mengirimkan permintaan ke server ISP untuk meminta halaman. 
  3. Server ISP akan melihat ke database besar alamat internet dan menemukan host server yang tepat sesuai dengan alamat URL yang anda kirimkan, kemudian mengirimkan ke server host bahwa ada permintaan untuk halaman URL tersebut. 
  4. Host server mengirimkan halaman yang diminta ke server ISP. 
  5. ISP akan mengirimkan halaman ke browser dan anda dapat melihat tampilan pada layar browser. 

Mengakses internet dengan browser paling aman di jagat raya seperti IE mungkin dapat membantu keamanan anda dalam menggunakan internet. Kecepatan ISP mungkin dapat berbeda antara yang satu dengan yang lainnya, jika anda ingin mendownload file yang besar anda mungkin membutuhkan software download cepat agar dapat membantu koneksinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar