Sabtu, 03 Mei 2014

Macam-Macam Jenis Turbin dan Fungsinya


Macam-Macam Jenis Turbin dan Fungsinya
Jenis jenis turbin yang ada dipasaran dapat digolongkan menjadi 4 kelompok sesuai dengan karakteristik bagaimana energi dihasilkan. Macam macam turbin memiliki satu prinsip dasar yaitu dapat bergerak dengan bantuan air, uap, angin, dan gas untuk menjalankan sebuah blades/pisau dengan kecepatan tinggi. Pisau yang digerakkan akan berputar dan akan berinteraksi pada mesin rotor yang terpasang pada turbin dan mengubahnya menjadi energi.

Macam-Macam Turbin
Macam macam turbin dapat dikategorikan berdasarkan tipe energi yang digunakan untuk menghasilkan daya gerak atau energi. Berbeda dengan jenis genset yang beredar di pasaran yang tidak dapat memanfaatkan tenaga alam untuk menghasilkan listrik. Sesuai dengan energi yang digunakan ada 4 jenis turbin yang ada di pasaran.
  1. Turbin Uap 
  2. Turbin Air 
  3. Turbin Angin 
  4. Turbin Gas 

Turbin Uap

Turbin uap merupakan jenis turbin yang pertama dibuat oleh manusia dan menjadi tonggak awal perkembangan berbagai jenis turbin lainnya. Uap yang dihasilkan dapat dari pembakaran batu bara, minyak, dan reaktor nuklir, uap yang dihasilkan ini diarahkan ke turbin untuk menggerakkan generator untuk menghasilkan energi.

Turbin Air

Turbin air bekerja pada prinsip yang sama seperti turbin uap tetapi perbedaannya adalah bahwa mereka menggunakan air bukan uap sebagai sumbernya. Air yang digunakan oleh turbin dapat berasal dari danau dan sungai.

Turbin Angin
Turbin angin merupakan jenis turbin yang menggunakan tenaga angin untuk menghasilkan listrik.

Turbin Gas
Salah satu jenis turbin yang memanfaatkan gas tekanan tinggi untuk menghasilkan listrik. Jenis yang ini merupakan salah satu teknologi terbaru yang dikembangkan untuk teknologi turbin.
Jenis Turbin Yang Ramah Lingkungan 

Jenis turbin yang banyak hadir di dunia memang menjadi solusi bagaimana untuk memanfaatkannya sesuai dengan sumber daya yang ada dilingkungan. Cara menghemat listrik adalah solusi agar berbagai energi ini dapat digunakan secara optimal. Macam macam turbin ini memang ada kelebihan dan kekurangan masing masing.

Berikut adalah jenis turbin yang sangat cocok dikembangkan di berbagai negara untuk memberikan keamanan bagi lingkungan dunia. Berbeda dengan inverter listrik, turbin biasanya untuk menghasilkan energi listrik yang cukup besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar