Sabtu, 03 Mei 2014

Software Untuk Membuat Video Tutorial


Software Untuk Membuat Video Tutorial

Software untuk membuat video tutorial ada sangat banyak sekali jenisnya, jika anda bingung menentukan software pembuat video tutorial ini, ada beberapa aplikasi pembuat tutorial video yang sesuai dengan kebutuhan pembuatan video tutorial tersebut. Salah satu metode pengajaran yang dilakukan oleh tenaga pengajar menggunakan video tutorial untuk penyampaian materinya. Penggunaan video tutorial ini dikatakan lebih dapat menyampaikan materi kepada siswa yang belajar. Penggunaan video tutorial ini lebih ditujukan untuk metode pembelajaran seperti pada kursus komputer karena video tutorial ini langsung dapat memberikan visualisasi untuk mempraktekan pembelajaran tersebut.

Pembuatan Video Tutorial
Pada umunya video tutorial ini dibuat untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembuatan sesuatu seperti editing video dengan adobe premier. Biasanya video tutorial ini dibuat untuk menjelasakan sesuatu yang dibuat pada komputer karena akan lebih jelas jika cara-caranya langsung diterapkan mengikuti video tutorial tersebut. Video tutorial juga digunakan untuk manual book digital pada barang-barang elektronik yang menggunakan petunjuk terlebih dahulu untuk memulai penggunaannya.

Banyak macam video tutorial tergantung bagaimana cara penyampaian pada video tersebut. Misalnya video tutorial hijab, biasanya seseorang akan memeragakan penggunaan gaya hijab terbaru untuk kemudian disebarkan dan diikuti banyak orang. Berbeda dengan video tutorial penggunaan photoshop tidak menggunakan model untuk membuat animasinya namun seperti membuat screen capture dekstop yang kemudian merekam proses pembuatannya.

Beberapa software untuk membuat video tutorial

Membuat video tutorial dekstop ini membutuhkan software untuk merekamnya. Beberapa software gratis untuk membuat video tutorial, seperti berikut ini :
  • Free screen video recorder - software ini akan merekam untuk file video yang digunakan untuk diupload ke internet ataupun di burn biasanya untuk keperluan presentasi. 
  • Ezvid - video screen record ini tidak hanya untuk merekam namun memiliki fungsi untuk editing video namun filenya yang agak berukuran besar sedikit menguras koneksi internet saat mendownloadnya. 
  • Jing - Perekam dekstop ini dilengkapi dengan fitur standar editing dengan kelengkapan tempat untuk menaruh pesan yang ingin disampaikan pada video tersebut. 
  • Bandicam - aplikasi perekam desktop ini memiliki kemampuan untuk menciptakan video yang mendekati aslinya sehingga sangat bagus untuk kegiatan presentasi karena hasil gambarnya yang jelas. 
  • Playclaw - Capture screen dengan apilikasi ini banyak digunakan para gamers untuk membagikan video tutorial permainan ataupun trik permainan tersebut. Software sangat ringan sehingga tidak mengganggu saat permainan di rekam baik secara online ataupun offline. 
  • Active presenter - pada aplikasi ini fitur cukup lengkap untuk mengedit capture maupun sound video. Pembuatan video tutorial menjadi lebih interaktif dengan fitur sound tersebut. Selain itu, dilengkapi pula dengan export file flash, html,avi ataupun mpg. 

Beberapa software video tutorial diatas dapat anda jadikan referensi untuk membuat video tutorial yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selamat mencoba…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar