Sabtu, 03 Mei 2014

Pengertian Server Dan Jenisnya


Pengertian Server Dan Jenisnya

Pengertian server merupakan salah satu instrumen penunjang pada bidang komputer. Dalam sebuah organisasi misalnya pada sebuah perusahaan manufaktur, terdapat banyak komputer yang dapat saling terhubung satu sama lain. Komputer yang saling berhubungan yang membentuk sebuah jaringan, dinamakan jaringan komputer. Lalu lintas data yang terjadi pada jaringan tersebut, di atur dengan sebuah komputer pusat atau yang sering kta sebut dengan server.

Pengertian Server

Pengertian server adalah sebuah komputer yang mengatur lalu lintas data yang terjadi pada sebuah jaringan. Pada sebuah jaringan terdiri diri banyak beberapa komputer dan saling terhubung. Komputer server ini memberikan pelayanan bagi sejumlah komputer yang saling berhubungan, dalam melakukan akses data misalnya untuk untuk pembatasan akses, melakukan kontrol data, dan aliran data yang terjadi.

Fungsi server dalam sebuah jaringan secara umum meliputi :
  • Menyimpan database dan aplikasi yang dibutuhkan oleh komputer client 
  • Memberikan keamanan dengan fitur security yang berbasis server 
  • Memberikan perlindungan firewall pada seluruh jaringan komputer 

Dalam membangun sebuah server komputer diperlukan spesifikasi hardware komputer yang lebih dibandingkan dengan komputer biasa. Untuk komputer server pun digunakan sistem operasi khusus yang disebut sistem operasi server, seperti berikut :
  1. Microsoft Windows Server 2008 
  2. Sun Solaris 
  3. UNIX 
  4. Linux Redhat 
  5. Amiga 
  6. Debian 

Spesifikasi yang perlu diperhatikan dalam membangun sebuah komputer server seperti berikut :
  1. RAM - Kapasitas yang menjangkau seluruh kegiatan client yankni akses query yang digunakan seluruh komputer dalam jaringan. Hal ini sangat berhubungan terhadap memori komputer yang cukup untuk akses seluruh komputer dalam jaringan. 
  2. Processor - Selain memori yang cukup, kecepatan akses yang cepat harus dimiliki oleh processor komputer. Kegiatan multi tasking server harus diimbangi dengan kemampuan processor. 
  3. Hard Drive - Penyimpanan adalah hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan, karena pada sebuah topologi jaringan komputer seluruh penyimpanan data akan terpusat pada komputer server 
Jenis-jenis Server
Terdapat beberapa jenis server yang dikategorikan dari fungsinya seperti berikut :
  • Proxy Server - Server proxy melakukan pembatasan terhadap permintaan, kinerja koneksi dan sharing file antara client dan server diluar jaringan 
  • Telnet Server - Melakukan remote komputer dengan melakukan log in dan log out sebuah komputer host 
  • Virtual Server - Membuat jumlah server fisik, seolah-olah menjadi beberapa server. 
  • Web Server - Memberikan konten pada ke web browser untuk berkomunikasi dengan menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). 
  • Server Audio dan Video - Memberikan fitur multimedia pada sebuah situs web untuk menyiarkan streaming konten multimedia 
  • File Transfer Protocol Server : FTP server digunakan untuk transfer data dalam jaringan 
  • Server Aplikasi : berfungsi untuk mengolah perintah dalam jaringan antara client dan database 
  • Mail Server - Jenis server yang menangani permasalahan untuk menangani e-mail 
  • News Server - Melakukan istribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok berita umum, melalui jaringan berita USENET 

Pada pengertian server di atas sangat terlihat bagaimana peranan server pada jaringan komputer, sehingga diperlukan perhitungan yang baik untuk membangun server yang tangguh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar