Sabtu, 03 Mei 2014

Fungsi Power Supply dan Jenisnya


Fungsi Power Supply dan Jenisnya

Fungsi power supply adalah perangkat keras yang dapat menyuplai tegangan kepada komponen yang terdapat di dalam casing cpu komputer seperti motherboard, hardisk, dsb. Power supply mampu mengubah tegangan listrik (AC) agar dapat bisa digunakan komputer (DC). Apabila power supply dengan kondisi yang tidak baik masih terus digunakan di komputer tentunya fungsi power supply tidak akan berjalan semestinya dan bisa menyebabkan salah satu komponen rusak, contohnya harddisk.

Fungsi Power Supply

Fungsi power supply mengubah tegangan listrik yang bersifat bolak balik atau yang biasa kita sebut AC menjadi tegangan listrik yang dibutuhkan oleh komputer yaitu tegangan listrik searah yang pada umumnya disebut DC. Mungkin sangat terkait dengan jenis komponen listrik lainnya seperti inverter listrik yang dapat digunakan sebagai cara menghemat listrik.

Fungsi power supply selain untuk memberikan tegangan listrik yang dibutuhkan oleh komputer adalah menghasilkan arus tegangan listrik DC secara lebih merata, menjaga arus tegangan listrik dan mencegah tegangan listrik naik secara tiba-tiba. Power supply untuk komputer sama halnya dengan fungsi jantung untuk tubuh kita, apabila hal itu tidak ada di dalamnya tentu tidak akan bisa hidup. Power supply standard di pasaran dijual dengan harga berkisar 100 ribu hingga 250 ribu rupiah.
Jenis Power Supply

Jenis power supply terdapat 2 macam yaitu power supply AT dan power supply ATX. Berikut penjelasan masing-masing fungsi power supply AT dan ATX :

Power Supply AT

Power supply AT mempunyai kabel power yang nantinya akan dihubungkan ke motherboard dan akan terpisah menjadi dua konektor power yang biasa disebut P8 dan P9. Kabel dari kedua konektor P8 dan P9 harus bertemu jika disatukan. Fungsi Power supply AT ini dirasakan banyak orang ketika era komputer masih di seri pentium dua yang mana tombol on of pada power supply terhubung langsung ke tombol casing.

Power Supply ATX

Power supply ATX (Advanced Technology Extended) merupakan jenis power supply yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Perbedaan yang terdapat pada power supply AT dan power supply ATX yaitu terletak di tombol power. Fungsi power supply AT dijalankan menggunakan tombol switch sedangkan power supply ATX menggunakan tombol untuk mengirim signal kepada motherboard.

Selain fungsi power supply yang memegang penting peranan di komputer, tentunya komputer akan dapat bekerja dengan baik apabila tersedia sistem operasi kemudian didukung oleh berbagai jenis software. Perangkat lunak sendiri terbagi dalam beberapa golongan dan setiap jenis perangkat lunak yang ada tentunya mempunyai fungsi masing-masing.

Walaupun hidup di masa kini kita sangat tergantung dengan adanya internet ada baiknya kita selalu membatasi untuk bermain komputer maksimal 2 sampai 3 jam saja dalam sehari. Sehingga bagian mata kita tidak akan mengalami berbagai macam gangguan mata yang diakibatkan oleh karena terlalu lama menatap layar komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar