Sabtu, 03 Mei 2014

Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi


Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Perbedaan teknik informatika dan sistem informasi memang sulit dikemukakan, terutama bagi calon mahasiswa baru. Artikel ini akan membahas kedua perbedaan antara kedua jurusan di perguruan tinggi tersebut, karena sebentar lagi yang berada di kelas 3 SMA , SMK atau setingkatnya akan melaksanakan Ujian Nasional (UN) dan jika ingin melanjutkan kejenjang berikutnya jangan sampai salah memilih jurusan yang bukan bidang kita senangi atau kuasai khususnya IT. Karena di dunia IT begitu banyak jurusan jurusan yang dapat menyalurkan hobi, kesenangan dan kreatifitas kita.

Jangan hanya karena ikut - ikut teman dalam memilih jurusan yang akhirnya membuat kita menyesal pada akhirnya. Pastikan anda memilih jurusan kuliah yang tepat agar tidak menyesal di kemudian hari.

Di dalam perkuliahan ada namanya jurusan IT, IT adalah singkatan dari Information and Technology, didalam IT umumnya dibagi menjadi 2:
  1. Teknik Informatika 
  2. Sistem Informasi 
Teknik Informatika

Di dalam Teknik Informatika jika anda mengambil jurusan ini makan akan di bahas atau di pelajari secara detail mengenai pemograman berbasis GUI,text dan lainya serta mempelajari tentang bagaimana mengembangkan computer vision, robotica, intelligence system, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer di masa yang akan datang. Dan materi kuliah informatika itu tentang matematika dan bahasa pemrograman.

Jangan pernah membayangkan yang dipelajari di jurusan informatika itu corel, photoshop,Editing dan semacamnya. Hampir tidak ada materi desain dalam materi kuliah di Teknik Informatika. Jadi, buat kalian yang ingin belajar desain grafis, pastikan kamu tidak memilih jurusan Teknik Informasi (IT). Apa yang diajarkan di Teknik Informatika Universitas satu dengan yang lain tidak lah sama persis. Karena Pada setiap Universitas berbeda kompetensinya.

Perbedaan teknik informatika dan sistem informasi dapat kita lihat dari pelajaran masing masing jurusan dan prospek kerja lulusan dengan jurusan tersebut.

Pelajaran Teknik Informatika
  1. Algoritma Dasar 1 & 2 
  2. Struktur Bahasa Pemograman C++ 
  3. Rekayasa perangkat lunak & komputasi 
  4. Sistem kecerdasan buatan ( Intelligent System ) 
  5. Sistem jaringan komputer terdistribusi 
  6. Pengelolaan program perangkat bergerak 
  7. Database Technology & Data Mining 

Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika
  1. Software Developer 
  2. System Enginering 
  3. IT Project Manager 
  4. IT Enterprenur 
  5. Web Devloper 
  6. Database Specialist 
  7. Cisco CCNA ( Jika Universitas Menyediakan. 
Sistem Informasi

DI dalam Sistem Informasi dibahas mengenai dalam isi dari program tersebut berupa Database, dan lulusan Sistem Informasi mampu menjadi kebutuhan informasi oleh suatu organisasi atau perusahaan. Jadi Algoritma dan Struktur data di pelajari tapi hanya sebatas dasar karena Sistem Informasi lebih menekankan pada pengembangan, database engineering, desain web, mendesain jaringan untuk sekala besar dan kecil sekaligus dapat mengoperasikan jaringan.

Pelajaran Sistem Informasi
  1. Jaringan K0mputer, materi mengenai macam macam jaringan komputer dan topologi jaringan yang ada di industri. 
  2. Algoritma Dan Struktur Bahasa (Dasar) 
  3. Pemograman Visual 
  4. Desain Web 
  5. Analisa Proses Bisnis 
  6. Dataware House 
  7. Perancangan Basis Data 

Prospek Kerja Lulusan SI
  1. IT Enterpreneur 
  2. Web Designer & Programmer 
  3. Database Engineer & Programmer 
  4. Desainer Sistem Informasi 
  5. System Support Engineer 
  6. Program Analyst 
  7. System Analyst 

Baik teknik informatika atau pun sistem informasi merupakan jurusan kuliah favorit di Indonesia yang memiliki peminat cukup tinggi. Perbedaan TI dan SI ini memang tidak berlaku mutlak, bisa saja lulusan SI lebih kuat dari TI atau sebaliknya, tergantung minat mereka nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar