Jumat, 02 Mei 2014

Mengenal Fungsi Utama Router



Mengenal Fungsi Utama Router



Router Berfungsi Utama Sebagai Penghubung Antar Dua Atau Lebih Jaringan Untuk Meneruskan Data Dari Satu Jaringan Ke Jaringan Lainnya. Perbedaannya Dengan Switch Adalah Kalau Switch Merupakan Penghubung Beberapa Alat Untuk Membentuk Suatu Local Area Network (Lan).Fungsi Lain Dari Pengguna Router Adalah Sebagai Berikut :
  • Untuk Mengatur Jalur Sinyal Secara Efisiensi. 
  • Untuk Mengatur Pesan Di Antara Dua Buah Protocol. 
  • Untuk Mengatur Pesan Di Antara Topologi Jaringan Bus Dan Star. 
  • Untuk Mengatur Pesan Yang Melewati Media Transmisi Kabel. 

Router Penggunaannya Banyak Dalam Jaringan Berbasis Teknologi Protokol Tcp/Ip, Dan Router Jenis Itu Disebut Juga Dengan Ip Router. Selain Ip Router, Ada Lagi Appletalk Router, Dan Masih Ada Beberapa Jenis Router Lainnya. Internet Merupakan Contoh Utama Dari Sebuah Jaringan Yang Memiliki Banyak Router Ip. Router Juga Dapat Digunakan Untuk Menghubungkan Banyak Jaringan Kecil Ke Sebuah Jaringan Yang Lebih Besar, Yang Disebut Dengan Internetwork, Atau Untuk Membagi Sebuah Jaringan Besar Ke Dalam Beberapa Subnetwork Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Juga Mempermudah Manajemennya. Router Terkadang Juga Digunakan Untuk Mengoneksikan Dua Buah Jaringan Yang Menggunakan Media Yang Berbeda (Seperti Halnya Router Wireless Yang Pada Umumnya Selain Ia Dapat Menghubungkan Komputer Dengan Menggunakan Radio, Ia Juga Mendukung Penghubungan Komputer Dengan Kabel Utp), Atau Berbeda Arsitektur Jaringan, Seperti Halnya Dari Ethernetke Tokenring.

Router Dapat Digunakan Juga Untuk Menghubungkan Lan Ke Sebuah Layanan Telekomunikasi Seperti Halnya Telekomunikasi Leased Line Atau Digital Subscriber Line (Dsl). Router Digunakan Untuk Menghubungkan Lan Ke Sebuah Koneksi Leased Line Seperti T1, Atau T3, Sering Disebut Sebagai Access Server. Sementara Itu, Router Yang Digunakan Untuk Menghubungkan Jaringan Lokal Ke Sebuah Koneksi Dsl Disebut Juga Dengan Dsl Router. Router-Router Jenis Tersebut Umumnya Memiliki Fungsi Firewall Untuk Melakukan Penapisan Paket Berdasarkan Alamat Sumber Dan Alamat Tujuan Paket Tersebut, Meski Beberapa Router Tidak Memilikinya. Router Yang Memiliki Fitur Penapisan Paket Disebut Juga Dengan Packet-Filtering Router. Fungsi Router Umumnya Memblokir Lalu Lintas Data Yang Dipancarkan Secara Broadcast Sehingga Dapat Mencegah Adanya Broadcast Storm Yang Mampu Memperlambat Kinerja Jaringan.

Sejarah Dan Fungsi Ip Address Internet Protocol (Ip) Adalah Alamat Numerik Yang Logis Identifikasi Dan Alamat Yang Ditetapkan Untuk Berpartisipasi Dalam Sebuah Perangkat Komputer Yang Memanfaatkan Jaringan Internet Protocol Untuk Komunikasi Antara Node-Nya. Alamat Ip Awalnya Ditetapkan Sebagai Nomor 32-Bit, Yang Sekarang Dinamakan Internet Protocol Version 4 (Ipv4), Dan Masih Digunakan Hari Ini. Namun, Karena Pertumbuhan Yang Besar Dari Internet Dan Penipisan Yang Dihasilkan Dari Ruang Alamat, Menangani Sistem Baru (Ipv6), Menggunakan 128 Bit Untuk Alamat, Dikembangkan Pada Tahun 1995 Dan Terakhir Standar Oleh Rfc 2460 Pada Tahun 1998. Walaupun Alamat Ip Yang Disimpan Sebagai Angka Biner, Mereka Biasanya Ditampilkan Dalam Manusia-Dibaca Notations, Untuk Misalnya, 208.77.188.166 (Untuk Ipv4) Dan 2001: Db8: 0:1234:0:567:1:1 (Untuk Ipv6). ” Peran Alamat Ip Telah Karakteristik Sebagai Berikut: ” Nama Menunjukkan Apa Yang Kita Cari Dan Menunjukkan Alamat Di Mana Serta Menunjukkan Bagaimana Rute Ke Sana.Alamat Ip Perangkat Lunak Dianggap Alamat, Dan Tidak Sulit Kode Alamat Hardware. Internet Assigned Numbers Authority (Iana) Yang Mengelola Alokasi Ruang Alamat Ip Global. Iana Bekerja Bekerja Sama Dengan Lima Regional Internet Registries (Rirs) Mengalokasikan Blok Alamat Ip Lokal Ke Internet Registries (Penyedia Layanan Internet) Dan Lembaga Lainnya.

Land Card

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKnsKmEXDH65433cJITKm5M08KbYpeK7KTM0KpqbiwIMc2CVg89UWCkWzyg1p7qPsg1kClnUxZdG4VUdlGCKPDFAQLfpK1u7-pB-OggHON2QRJAfn63QSBarPk8PqUOoqAU5YiyevISJFg/s320/3COM_LAN_card_3Com_Switch.jpg

Network Interface Card (Kartu Jaringan) Sebuah Kartu Jaringan (Lan Card) Yang Terpasang Pada Sebuah Komputer Server Maupun Workstation Sehingga Komputer Dapat Dihubungkan Ke Dalam Sistem Jaringan. Apabila Terjadi Gangguan Atau Kerusakan Pada Kartu Jaringan Berakibat Pada Komputer Tersebut Tidak Dapat Masuk Dalam Sistem Jaringan. Indikator Yang Dapat Dilihat Dalam Kerusakan Kartu Jaringan Adalah Matinya Lampu Indikator Yang Terdapat Pada Kartu Jaringan Dan Lampu Indikator Di Hub/Switch Saat Komputer Telah Hidup Dan Konektifitas Kabel Dari Kartu Jaringan Dan Hub/Switch Telah Baik.

Kabel Utp


Jenis Kabel Utp Dengan Konekor Rj45. Gangguan Atau Kerusakan Pada Kabel Jenis Ini Adalah Konektor Yang Tidak Terpasang Dengan Baik (Longgar), Susunan Pengkabelan Yang Salah Dan Kabel Putus. Indikasi Yang Dapat Dilihat Adalah Lampuindikator Yang Tidak Hidup Pada Kartu Jaringan Atau Padahub/Switch. Jaringan Menggunakan Kabel Utp Kesalahan Yangmuncul Relatif Sedikit, Karena Jaringan Terpasang Menggunakantopologi Star, Workstation Terpasang Secara Paralel Denganmenggunakan Swicth/Hub. Sehingga Yang Terjadi Gangguanhanya Pada Workstation Yang Kabelnya Mengalami Gangguan Saja.

Fungsi Modem

Modem Berasal Dari Singkatan Modulator Demodulator. Modulator Merupakan Bagian Yang Mengubah Sinyal Informasi Kedalam Sinyal Pembawa (Carrier) Dan Siap Untuk Dikirimkan, Sedangkan Demodulator Adalah Bagian Yang Memisahkan Sinyal Informasi (Yang Berisi Data Atau Pesan) Dari Sinyal Pembawa (Carrier) Yang Diterima Sehingga Informasi Tersebut Dapat Diterima Dengan Baik. Modem Merupakan Penggabungan Kedua-Duanya, Artinya Modem Adalah Alat Komunikasi Dua Arah. Setiap Perangkat Komunikasi Jarak Jauh Dua-Arah Umumnya Menggunakan Bagian Yang Disebut “Modem”, Seperti Vsat, Microwave Radio, Dan Lain Sebagainya, Namun Umumnya Istilah Modem Lebih Dikenal Sebagai Perangkat Keras Yang Sering Digunakan Untuk Komunikasi Pada Komputer.Data Dari Komputer Yang Berbentuk Sinyal Digital Diberikan Kepada Modem Untuk Diubah Menjadi Sinyal Analog. Sinyal Analog Tersebut Dapat Dikirimkan Melalui Beberapa Media Telekomunikasi Seperti Telepon Dan Radio.

Setibanya Di Modem Tujuan, Sinyal Analog Tersebut Diubah Menjadi Sinyal Digital Kembali Dan Dikirimkan Kepada Komputer.

Terdapat Dua Jenis Modem Secara Fisiknya, Yaitu

1. Modem Eksternal Dan Modem Internal.
2. Modem Terbagi Atas: 
    Modem Analog Yaitu Modem Yang Mengubah Sinyal Analog Menjadi Sinyal Digital 
3. Modem Adsl 
4. Modem Kabel Yaitu Modem Yang Menerima Data Langsung Dari Penyedia Layanan Lewat Tv Kabel
5. Modem Cdma

Kelebihan Modem Cdma :
- Jalur Komunikasi Data Dan Cellular Terpisah, Sehingga Konektivitas Stabil
- Harga Langganan Perbulan Termurah, Yakni Rp 50.000. Pada S***T Dan M**I
Kekurangan Modem Cdma:
- Harga Modem Masih Mahal, Di Atas 700ribu Yang Sudah Mendukung Evdo Rev.A (3.1 Mbps)
- Jaringan Cdma Masih Belum Luas

6. Modem 3gp
7. Modem Gsm

Kelebihan Modem Gsm :
- Modem Gsm Memiliki Jangkauan Jaringan Yang Sangat Luas
- Hampir Semua Tempat Di Dki Sudah Mendapatkan Jaringan 3g Atau Hsdpa Atau Hsupa
- Harga Modem Gsm Yang Sudah 3g Harganya Relatif Murah, Sekitar 300ribuan
Kekurangan Modem Gsm:
- Karena Jalur Akses Data Dan Cellular Tidak Terpisah Maka Konektivitas Kurang Stabil
- Harga Langganan Perbulan Masih Mahal. Rata-Rata Di Atas 100ribu

Fungsi Modem Yaitu Untuk Mengubah Sinyaldigital Menjadi Sinyal Suara Dan Juga Sebaliknya.Dewasa Ini Modem Telah Berkembang Dengan Berbagai Fasilitas Yang Cukup Bermanfaat, Misalnya Voice Modem. Dengan Adanya Fasilitas Voice Modem Ini, Merubah Fungsi Modem Bukan Hanya Sebagai Penyambung Ke Internet Tetapi Lebih Dari Itu, Modem Dapat Menjadi Saluran Radio, Audio, Percakapan Telepon Sampai Streaming Video.

Kabel Dan konektor


Kabel Dan Konektor Merupakan Media Penghubung Antara Komputer Dengan Komputer Lain Atau Dengan Peralatan Lain Yang Digunakan Untuk Membentuk Jaringan.
Kabel Dan Konektor Untuk Membuat Jaringan Lan Yang Banyak Digunakan Ada 3 Jenis Yaitu:

  1. Jenis Kabel Serat Optik Menggunakan Konektor Sc Dan St. Gangguan Atau Kerusakan Pada Kabel Dan Konektor Jenis Seratoptik Sangat Jarang, Tetapi Memerlukan Penanganan Secarakhusus Untuk Perawatan Jaringan.
  2. Jenis Kabel Utp Dengan Konekor Rj45. Gangguan Ataukerusakan Pada Kabel Jenis Ini Adalah Konektor Yang Tidak terpasang Dengan Baik (Longgar), Susunan Pengkabelan Yangsalah Dan Kabel Putus. Indikasi Yang Dapat Dilihat Adalah Lampuindikator Yang Tidak Hidup Pada Kartu Jaringan Atau Padahub/Switch. Jaringan Menggunakan Kabel Utp Kesalahan Yangmuncul Relatif Sedikit, Karena Jaringan Terpasang Menggunakantopologi Star, Workstation Terpasang Secara Paralel Denganmenggunakan Swicth/Hub. Sehingga Yang Terjadi Gangguanhanya Pada Workstation Yang Kabelnya Mengalami Gangguan Saja.
  3. Jenis Kabel Coaxial Dengan Konektor Bnc. Kabel Jenis Coaxialmemiliki Akses Yang Cukup Lambat Bila Dibandingkan Jenis Kabellainnya Dan Sering Terjadi Gangguan Karena Konektor Yanglonggar (Tidak Konek), Kabel Short Dan Kabel Terbuka Resistorpada Terminating Conector. Short Pada Pemasangan Kabeldengan Plug Konektor Ini Menyebabkan System Jaringan Akandown Dan Komunikasi Antar Komputer Berhenti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar