Sabtu, 03 Mei 2014

Sistem Operasi Android


Sistem Operasi Android

Sistem operasi android merupakan salah satu perangkat OS terkemuka yang mengembangkan smart phone menjadi canggih seperti sekarang. Baru-baru ini perkembangan gadget di Indonesia mengalami kemajuan yang drastis. Di setiap sudut tempat dapat dengan mudah kita jumpai orang-orang yang membawa gadget terbaru yang biasa disebut “smart phone”. Kecanggihan teknologi saat ini telah merubah penggunaan telpon selular menjadi gadget yang lebih pintar yang menyamai kecanggihan PC.

Smart phone menggunakan perangkat sistem operasi canggih sehingga menjadikannya lebih pintar dibanding handphone konvensional. Sistem operasi andorid merupakan salah satu perangkat OS terkemuka yang mengembangkan smart phone menjadi canggih seperti sekarang.

Mengenal Sistem Operasi Android

Berbagai jenis smart phone sangat mudah ditemui dipasaran. Smart phone sendiri merupakan jenis telepon selular yang lebih pintar dengan beberapa kelebihan untuk memudahkan pengerjaan yang biasanya dilakukan pada PC. Mobilitas yang tinggi saat ini membuat orang-orang mulai meninggalkan PC atau laptop untuk kegiatannya, smart phone dinyatakan lebih praktis untuk menyelesaikan beberapa pengerjaan yang biasanya menggunakan PC. Teknologi sistem operasi ini merupakan perangkat yang dipasang pada smart phone. Saat ini android, blackberry dan IOS merupakan sistem operasi yang merajai gadget smart phone ini.

Android adalah sistem operasi berbasisi Linux untuk smart hone ataupun komputer tablet. Linux dikenal sistem operasi terbuka (open source) begitu juga dengan turunannya ini. Oleh karena itu para programmer dapat dengan mudah membuat aplikasi untuk perangkat smart phone tersebut. Modifikasinya dapat dilakukan seluas-luasnya secara bebas. Mungkin masih sulit dibayangkan mengenai sistem operasi android ini namun, jika kita mengingat kegunaan Windows pada PC hal seperti itulah yang dilakukan sistem operasi android untuk smart phone saat ini.
Awal Kemunculan Sistem Operasi Android

Pada awal pembuatan Sistem operasi android ini di bawah tanggung jawab Android.Inc namun setelah beberapa waktu Android dibeli oleh google.Inc untuk dilakukan pengembangan. Dari sinilah penggunaan sistem operasi android dikembangkan untuk smart phone ataupun komputer tablet. Pada tahun awal, google menguji coba Android bersama Open Headset untuk mengembangkan peranti lunak terbuka ini untuk telepon seluler yang kemudian, google membuat kode-kode Android di bawah lisensi Apache untuk perangkat lunak seluler terbuka.

Sejak saat itulah terdengar kabar apabila google mengincar pasaran telepon seluler karena dukungan penuh yang diberikan google pada Android ini. Sekitaran tahun 2007 akhir, google mengumumkan hak patennya terhadap Android sebagai peranti lunak pada aplikasi untuk telepon seluler. Hal tersebut dibarengi pula dengan debut Android sebagai sistem operasi teleepon seluler yaitu dengan diluncurkannya Nexus One sebagai smart phone ber OS android GSM pertama. Perusahaan pembuat telepon selular adalah HTC yang meluncurkannya sekitaran tahun 2010.

Peluncuran awal dengan respon positif membuat para vendor-vendor telepon seluler besar manjalin kerja sama dengan google untuk menggaet sistem operasi android pada telepon seluler selanjutnya. Dari sinilah merupakan titik awal android sebagai sistem operasi smart phone berada ditangan kita saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar